Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Ciri Kriteria Rumah Sehat

Memiliki sebuah rumah yang sehat serta membuat nyaman bagi seluruh pemilik dan anggota keluarga tentunya akn menjadi dambaan dan impian bagi setiap keluarga. Karena dengan adanya rumah yang telah memenuhi kriteria rumah sehat akan bisa meningkatkan derajat kesehatan seluruh anggota keluarga yang ada dalam rumahnya.

Karena rumah yang telah mempunyai ciri rumah yang sehat akan bisa juga termasuk dalam cara mencegah penularan penyakit dalam lingkungan kehidupan sebuah keluarga. Karena kehidupan dalam rumah adalah sebuah kehidupan yang banyak dilalui dengan aktifitas sehari-hari oleh seluruh anggota keluarga.

Kriteria Ciri Rumah Yang Sehat

Sebelum kita membangun rumah, tentunya kita juga memikirkan bagaimana tata letak rumah yang sehat dalam setiap bagiannya, baik itu dalam segi ruangan tamu, ruangan kamar yang sehat, bagaimana menciptakan dapur yang sehat, kamar mandi yang sehat serta semua lingkungan rumah agar bisa membuat suasana yang menyenangkan dan menyehatkan bagi seluruh anggota keluarga yang mendiaminya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tempat tinggal yang kita diami dan tinggali memenuhi syarat dan kriteria rumah sehat serta jauh dari segala hal yang berkaitan dengan penyakit maka berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan seperti yang pernah diutarakan dan disampaikan kawan blogger yang satu ini mengenai Tanda-Tanda Rumah Sehat Dan Bersih:
  1. Ventilasi Sirkulasi Pertukaran Udara Lancar. Udara yang bersih adalah hal yang penting yang harus ada dalam sebuah rumah yang sehat. Karena kebutuhan pokok manusia salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan oksigen yang baik dan ini bisa kita dapatkan dan penuhi bila rumah kita memiliki ventilasi yang baik serta cukup untuk pertukaran udara. Dan ini juga termasuk dalam hal pemenuhan syarat rumah sehat yang harus dimiliki sebuah tempat tinggal untuk keluarga.
  2. Kebersihan Rumah. Kita ketahui bersama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman dan kebersihan adalah juga merupakan pangkal kesehatan. Sehingga bila kita mengidamkan sebuah tempat tinggal yang sehat tentunya harus bisa memenuhi standar bersih dan sehat bagi sebuah rumah. Sistem bangunan yang dimiliki tersebut bisa memungkinkan agar rumah bisa menjadi bebas kotoran, debu, asap serta kontaminan lainnya yang bisa berefek terhadap kesehatan.
  3. Persediaan Air Bersih Yang Tercukupi. Kebutuhan pokok manusia yang lainnya adalah pemenuhan kebutuhan akan air bersih. Sehingga rumah sehat juga diharapkan mempunyai sarana dan prasana dalam penyediaan air bersih yang mencukupi untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga.
  4. Lingkungan Rumah Yang Aman. Lingkungan tempat tinggal dan juga lingkungan masyarakat tempat kita tinggal perlu juga memenuhi syarat dan standar keamanan yang baik. Bila kaitannya dengan rumah maka ketika akan membangun sebuah rumag perlu dipikirkan konsep rumah yang aman dan sehat pula. Rumah hendaknya dibangun dengan bentuk, fungsi, dan peralatan yang aman bagi seluruh penghuni keluarga. Konsep ergonomis di setiap piranti hendaknya juga dipikirkan dengan baik dan matang pula. Sisi keamanan rumah dan juga kemananan lingkungan adalah faktor yang penting, demi menghindari terjadinya kecelakaan di dalam maupun di sekitar rumah.
  5. Sanitasi Rumah Yang Baik. Yang satu ini tak boleh pula kita lupakan. Perlu pula kita berkonsultasi bagaimana cara menciptakan sebuah sanitasi yang sehat dan baik bagi sebuah rumah tempat tinggal kita. Baik itu menyangkut mengenai sistem pembuangan, sarana pembuangan limbah keluarga, adanya tempat sampah yang memenuhi standar kesehatan dan sebagainya.
Demikian tadi beberapa standar rumah sehat yang bisa kita lakukan dan penuhi ketika kita merencanakan pembangunan rumah sebagai tempat tinggal kita dan juga seluruh anggota keluarga kita. Dengan pemenuhan syarat kesehatan rumah yang baik serta bersih akan membantu kita meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan juga masyarakat lingkungan kita pula.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Ciri Kriteria Rumah Sehat

1 komentar:

  1. terima kasih perkongsian yg baik ini, rumah sehat, insyaAllah boleh membantu kesihatan yg baik pada kita.

    ReplyDelete