Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Beda ASI Dengan Susu Formula

Salah satu peran serta tanggung jawab seorang ibu adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu). Karena besar manfaat pemberian ASI ini bagi sang bayi untuk menjaga kesehatan dan menunjang perkembangan serta pertumbuhan sang bayi sendiri. Sang ibu yang menyusui juga akan memperoleh manfaat dari proses menyusui ini sendiri. Hanya terkadang dalam masa sekarang ini ada juga ibu yang memberikan susu formula. Lalu dimanakah beda ASI dengan susu formula ini...?

Susu formula ini adalah susu selain ASI yang juga biasa diberikan kepada bayi pada umumnya dan bahan dasar susu formula ini adalah dibuat dari susu sapi, atau pun kita mengenal akan susu kambing dan susu kedelai juga. Inilah yang dimaksud dengan pengertian susu formula.

Perbedaan ASI Dengan Susu Formula

Tentunya kandungan ASI berbeda dengan kandungan susu formula. Karena pada dasarnya ASI memang diperuntukkan untuk sang bayi. Dan segala kandungan dalam air susu ibu adalah paling tepat dan pas buat sang bayi. Karena produk dari susu formula bisa menyebabkan anak bayi alergi susu sapi yang merupakan dasar pembuatan susu formula. Selain itu manfaat ASI untuk bayi juga jangan kita kesampingkan dengan memberikan susu formula.

Meskipun susu formula tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan "kandungan ASI" tentunya tidak akan sama dengan ASI (Air Susu Ibu) yang sesungguhnya. Perbedaan ASI dan susu botol atau susu formula ini pada air susu ibu dalam hal ini sang ibu menyusui bisa memproduksi susu yang benar-benar diperuntukkan untuk khusus bayi.

Dan juga merupakan susu yang telah berevolusi untuk bisa menyesuaikan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak-anak keturunan manusia.

Sedangkan susu formula yang berasal dari mamalia lain tentu berbeda, dan walau sempurna bagi keturunannya, tentunya tidak bisa disamakan dengan pemberian ASI oleh seorang ibu kepada anak-anaknya. Ini juga merupakan salah satu beda susu formula dan ASI dari sekian banyak perbedaan dalam segi kandungannya.

Ada beberapa kandungan dalam ASI yang tidak terdapat secara sempurna pada susu formula. Diantara perbedaan kandungan ASI dengan susu formula adalah dalam bentuk kandungan yang berupa sebagai berikut :
  1. Protein Susu. Dalam hal ini kandungan ASI dalam bentuk protein akan banyak bermanfaat dalam pembentukan struktur otak bayi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan bayi secara alamiah.
  2. Lemak dalam ASI. Jenis lemak yang terdapat dalam ASI ada dua jenis yaitu lemak linoleat dan asam alda linoleat yang nantinya akan diproses oleh tubuh bayi menjadi AA dan DHA yang dominan membantu pertumbuhan otak bayi dengan lebih baik dan sehat.
  3. Oligosakarida. Zat ini bermanfaat sebagai prebiotik dan terkandung dalam air susu ibu. Manfaat lainnya akan oligosakarida ini adalah untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang hidup di dalam pencernaan bayi secara alami.
  4. Laktosa. Laktosa dalam air susu ibu ini bermanfaat dalam rangka membangun system syaraf dan juga asupan energi bagi bayi dalam aktifitasnya. Laktosa akan dioleh oleh tubuh menjadi galaktosa dan glukosa sebagai bahan utama pertumbuhan syaraf.
Walaupun dalam susu formula atau susu botol lainnya juga mengandung akan hal tersebut diatas, hanya saja kadarnya yang berbeda, Dan yang pasti ASI adalah yang terbaik bagi sang bayi dan kesehatannya juga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Beda ASI Dengan Susu Formula

4 komentar:

  1. terima kasihi perkongsian yang amat berguna, susu ibu adalah susu terbaik.

    ReplyDelete
  2. Marilah kita budakan pemberian ASI ini bagi para bayi agar kesehatannya senantiasa terjaga dengan baik

    ReplyDelete
  3. yang jelas lebih baikan ASI yah dari pada susu formula kualitas nomer wahid sekalipun..makasih infonya sob

    ReplyDelete
  4. Miris ada orang dengan latar belakang pendidikan kesehatan meragukan ASI, katanya Bayi hanya dengan ASI tidak aktif..

    ReplyDelete