Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Perawatan Bayi Baru Lahir

Merawat bayi adalah merupakan bagian dari tanggung jawab seorang ibu. Dan dalam hal ini akan membutuhkan bantuan serta dukungan suami dan seluruh anggota keluarga yang baru mandapat keluarga baru dengan hadirnya bayi baru lahir di rumah. Dan mengetahui serta memahami bagaimana cara merawat bayi baru lahir juga perlu dikatahui secara benar juga.

Bagi yang telah mempunyai pengalaman melakukan perawatan bayi tentunya hadirnya sang adik tidak terlalu membuat khawatir karena telah banyak pengalaman. Tetapi bagi sang ibu baru akan merasakan kekhawatiran juga apakah bisa memberikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan merawat bayi ini.

Merawat bayi baru Lahir

Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian ketika melakukan perawatan bayi baru lahir ini. Diantaranya yaitu :
Memberikan ASI.
Karena seperti halnya kebutuhan manusia pada umumnya, bayi yang dirasakan pertama kali adalah lapar dan keinginan untuk mendapatkan makanan yang terbaik bagi dirinya yaitu ASI (Air Susu Ibu). Yang akibat reaksi ini adalah dengan tangisan bayi. Sehingga untuk hal ini yang dilakukan seorang ibu adalah dengan memberikan ASI nya sesering mungkin baik pagi, siang, sore dan malam dan sesuai dengan keinginan bayi. Manfaat ASI salah satunya adalah bisa merupakan cara mencegah konstipasi anak dan bayi.

Berikan Lingkungan Yang Nyaman Untuk Bayi.
Adalah penting untuk bisa menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi. Usahakan lingkungan bayi tidak terlalu ramai atau berisik, terlalu dingin (kurang dari 20 derajat Celcius) atau bahkan terlalu panas. Bayi juga bisa rewel karena silau, karena hal itu pastikan bahwa cahaya lampu atau pun sinar matahari tidak jatuh tepat ke matanya. Lingkungan yang nyaman juga berarti bebas gigitan nyamuk dan serangga. Karena nyamuk juga bisa berbahaya. Termasuk nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah.

Membersihkan Kotoran Bayi.
Bayi buang kotoran dengan buang air besar (BAB) atau pun pipis (buang air kecil) adalah hal yang wajar. Jangan biarkan bayi kita terlalu lama dengan popok atau pun pampers yang basah oleh air kencing atau pun kotoran. Karena hal ini akan membuatnya merasa tidak nyaman dan bisa membuat bayi menjadi rewel. Setelah bayi habis pipis atau BAB, segera bersihkan alat kelaminnya. Bubuhi bokong dan selangkangannya dengan krim untuk menghindari ruam popok bayi.

Memandikan Bayi.
Orang tua memang harus pandai dalam melakukan berbagi cara serta tips cara memandikan bayi agar selain bermanfaat bagi kesehatan sang bayi, akan bermanfaat pula bagi kecerdasan dan gerak motorik sang bayi. Memandikan Bayi adalah sebuah aktifitas untuk membersihkan tubuh dan juga memberikan kesegaran bagi bayi dan anak termasuk bayi yang baru lahir. Kawan-kawan yang membutuhkan mengetahui akan berbagai tips memandikan bayi bisa membacanya di tips cara memandikan bayi yang benar.

Perlengkapan Bayi.
Perlengkapan bayi maksudnya adalah dengan alat kosmetika bayi. Beraneka ragam kosmetika alat bayi memang dibutuhkan dalam rangka perawatan bayi baru bayi lahir ini. Pastikan semuanya produk yang sudah teruji secara klinis dan aman untuk bayi. Jika bayi bereaksi negatif saat dipakaikan kosmetika tertentu, misalnya timbul bercak-bercak merah di kulit, maka kemungkinan ia alergi pada kandungan kosmetika tersebut. Hentikan pemakaiannya.

Mainan Bayi.
Fungsi mainan bukan cuma menghibur tetapi juga mengenalkan bayi pada berbagai bentuk dan melatih otot matanya agar lebih terfokus. Untuk itu, pilihlah mainan dengan warna-warna cerah. Mainan bergerak dan berbunyi (musical mobile) yang digantung di tempat tidur akan merangsang indra penglihatan dan pendengaran bayi dan juga jenis mainan bayi lainnya. Orang tua harus bijak ketika memilihkan mainan yang baik untuk sang bayi.

Kenalkan Dengan Lingkungan.
Lingkungan di sini maksudnya adalah lingkungan orang-orang dalam rumah dan keluarganya. Dan juga orang-orang yang akan selalu berdekatan dengan sang bayi ini. Dengan bayi mengenali orang-orang terdekatnya maka sang bayi akan merasakan ketenangan dan kenyamanan sendiri baginya.

Demikian tadi beberapa hal yang berkaitan dengan melakukan perawatan bayi baru lahir. Dengan kita memberikan perawatan yang benar akan menjaga sang bayi dalam kondisi yang nyaman.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Perawatan Bayi Baru Lahir

2 komentar:

  1. bagi para ilmu yang baru mempunyai bayi pengetahuan semacam ini sangat diperlukan

    ReplyDelete
  2. penting sangat ibubapa mengetahui perkara2 ni. mungkin peringkat awal kita boleh dapat dan belajar dari ibubapa kita yg sememangnya banyak pengalaman.

    ReplyDelete