Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Dampak Akibat Diabetes Mellitus

Dampak akibat penyakit diabetes melitus memang tidak boleh kita anggap remah. Keran bila dibiarkan saja penyakit kencing manis ini akan banyak organ tubuh yang sehat akan sedikit demi sedikit mengalami perubahan ke arah yang kurang sehat. Sehingga dalam kurun waktu sekian tahun, komplikasi penyakit Diabetes Mellitus ini bisa menterang organ-organ lainnya yang sebelumnya sehat.

Yang dimaksud dengan penyakit diabetes mellitus (DM) ini adalah merupakan penyakit yang diakibatkan adanya gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tingginya kadar gula dalam darah ini karena kurang maksimalnya pemanfaatan gula oleh tubuh sebagai sumber energi dan juga disebabkan karena kurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal.

Bila penyakit DM tidak mendapat pengobatan yang rutin dan juga pasien pengidap penyakit kencing manis tidak rutin dalam mengkonsumsi obat-obatan DM, maka hal ini lambat laun akan menyebabkan berbagai dampak negatif penyakit gula ini terhadap organ tubuh lainnya.

Dampak Akibat Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus (DM)

Dampak penyakit diabates melitus ini bisa menyerang beberapa organ. Organ-organ tubuh yang bisa terkena dampak DM ini yaitu :
Gangguan Fungsi Ginjal.
Sebagai alat filter dalam tubuh, ginjal berfungsi untuk menyaring terlalu banyak darah. Tapi, gula darah yang terlalu banyak akhirnya akan membuat ginjal akan bekerja ekstra. Kerja keras ginjal yang terus menerus dapat membuat ginjal berhenti bekerja suatu saat nanti dan berakhir pada gagal ginjal.

Pada penderita diabetes melitus yang mana terjadi peningkatan kadar gula darah dalam darah secara dratis. Ginjal dalam hal ini dipaksa untuk bekerja keras untuk menyerap kelebihan gula dalam darah untuk selanjutnya dibuang bersamaan dengan air kencing. Hal ini terjadi sebagai akibat ketidakmampuan ginjal dalam menahan kelebihan gula dalam darah. Dan bila hal ini terus berkelanjutan tentunya akan membuat gangguan dalam fungsi ginjal sang penderitanya.

Gangguan Jantung.
Peningkatan kadar gula darah darah yang terjadi secara berkelanjutan dan terus menerus, akan bisa mengakibatkan gannguan fungsi jantung pada akhirnya. Efek penyakit DM ini secara lambat laun akan bisa menjadi faktor resiko penyakit jantung koroner dengan adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung akibat DM.

Akibat diabetes melitus dan efeknya, bisa menimbulkan masalah pada jantung karena tekanan darah yang tinggi. Resiko terhadap stroke menjadi dua kali lipat dalam lima tahun sejak seseorang terkena diabetes. Diabetes ini menyebabkan sirkulasi darah yang buruk sehingga bisa pengaruhi tekanan darah dan gangguan pada jantung.

Penyempitan pembuluh darah koroner pada jantung secara tidak langsung akan bisa mengakibatkan gangguan fungsi jantung. Bisa berjalan secara akut maupun secara kronik. Sehingga tidak salah bila penyakit DM masuk dalam kategori resiko jantung koroner dalam bidang kesehatan.

Gangguan Penglihatan.
Kadar gula darah yang kerap kali berubah-ubah menyebabkan masalah keseimbangan cairan pada lensa mata dan juga kerusakan pada saraf mata. Hal ini lama-kelamaan penglihatan pun akan kabur. Selain glaukoma dan katarak, penyakit diabetes juga dapat menyebabkan kebutaan.

Pada umumnya gangguan penglihatan pada penderita penyakit DM ini sebatas pada penglihatan yang berkurang, namun bila penderitanya tidak sadar bahwasannya penyebab pengurangan daya penglihatan indera penglihatan matanya oleh karea sebab penyakit kencing manis, maka hal ini lah yang berbahaya. Harus segera mendapatkan pengobatan DM yang tepat dari Medis.

Pada penderita penyakit kencing manis kita juga mengenal akan istilah Hipoglikemia dan juga hiperglikemia. Yang dimaksud dengan pengertian hipoglikemia ini adalah kadar gula darah menurun dari kadar normalnya.
Tanda gejala hipoglikemia ini adalah :
  1. Keringat dingin.
  2. Pusing.
  3. Gemetar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Dampak Akibat Diabetes Mellitus

1 komentar:

  1. penyakit yang amat ditakuti terutamanya bila umur makin meningkat. terima kasih infonya baik ini.

    ReplyDelete