Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Penyebab Tanda HIV AIDS

Tanda gejala penyakit HIV AIDS adalah merupakan hal yang penting untuk kita ketahui bersama. Mengingat akan bahaya penyakit AIDS ini untuk kehidupan kita serta keluarga kita pula. Karena memang angka penderita HIV AIDS Di Indonesia ini kian tahun kian bertambah belum lagi yang tidak terdeteksi secara kesehatan bahwa dirinya telah mengidap penyakit berbahaya dan mematikan ini. Seperti halnya fenomena gunung es, yang dibawah tidak terlihat akan tetapi banyak dan berbahaya.


HIV/AIDS pada pada dasarnya adalah merupakan sebuah virus yang menyerang terutama pada sistem kekebalan tubuh manusia. Namun skala derajat virus ini menyerang kekebalan tubuh sangatlah drastis karena hampir semua sistem kekebalan tubuh manusia bisa hilang jika telah terjangkiti dan juga terkena virus ini.

Penyebab Tanda gejala HIV AIDS

Penyakit HIV adalah salah satu jenis penyakit yang cara penularannya adalah memalui hubungan seksual. Dalam bahasa medisnya adalah masuk dalam golongan Penyakit Menular Seksual (PMS). Penyakit AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi HIV. Namun tidak semua orang yang terinfeksi HIV akan mengalami gejala AIDS. AIDS dapat ditularkan lewat hubungan seksual, persalinan dan menyusui, dan kontak darah dengan penderita.

Penyebab HIV AIDS

Penyebab virus HIV ditengarai adalah dari monyet. Maka dari proses menyembelih dan memakan daging monyet inilah diperkirakan virus ini menyebar dan menular kepada manusia pada tahapan awalnya penyebaran virus ini. Dari inilah proses awal penularan dan penyebaran penyakit yang sampai saat ini belum ada obat yang terbukti nyata dapat menyembuhkan penyakit yang satu ini.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus. Segala penyakit yang disebabkan virus ataupun infeksi seringkali berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Pada jenis penyakit virus biasa, dengan daya tahan yang lemah virus akan lebih mudah menyerang. Tetapi bila daya tahan tubuh kita bagus, maka akan mengalami kesulitan dalam melakukan penyerangan terhadap tubuh. Untuk itulah pentingnya kita juga mengetahui akan virus penyebab HIV ini. Dan juga harus tetap
Menjaga kesehatan tubuh kita masing-masing.

Tanda Gejala Ciri Penyakit HIV AIDS

Berikut beberapa hal terkait dengan tanda-tanda seseorang terjangkiti akan penyakit yang satu ini antara lain dapat kita kenali dengan gejala antara lain :
  1. Penurunan Berat Badan Dengan Cepat. Penurunan berat badan ini biasanya tanpa ada sebab yang jelas. Hal ini karena biasanya pada penderita penyakit ini akan mulai kehilangan selera makannya. Walaupun makan dengan banyak kalori, karbohidrat, bergizi tetapi berat badan akan tetap menurun.
  2. Diare Yang Tak Kunjung Sembuh. Bila kita menjumpai seseorang yang mengalami diare berkepanjangan dan telah mendapatkan berbagai macam pemberian obat atau pun Pengobatan Antibiotik belum juga sembuh, maka hal ini patut kita curigai dan waspadai bahwasannya seseorang tersebut tengah menderita salah satu Tanda Gejala Penyakit HIV AIDS. Apalagi bila faktor resiko banyak terdapat pada seseorang tersebut.
  3. Demam dan flu yang tidak kunjung sembuh. Seseorang tersebut akan mengalami demam yang berkelanjutan dan hilang timbul dan biasanya demam mencapai lebih dari 39 derajat celcius dan tak sembuh setelah kita berikan beberapa jenis obat antipiretika (penurun panas).
  4. Cepat Merasa Lelah. Karena jenis virus menyerang sistem kekebalan tubuh maka penderita HIV AIDS ini akan cepat merasakan lelah walaupun dalam aktifitas yang tak terlalu banyak.
Hanya saja tanda ciri di atas bila terdapat pada diri seseorang kita juga tak boleh langsung memvonis bahwa seseorang tersebut mengidap penyakit AIDS, harus ada beberapa pemeriksaan lebih lanjut memastikan seseorang terkena AIDS untuk bisa membuktikan kebenaran akan diagnosa penyakit yang satu ini.

Cara pencegahan penyakit HIV/AIDS

Beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam usaha untuk mencegah penyakit HIV AIDS antara lain dengan :
  • Setialah dengan suami atau istri anda. Lakukan hubungan seksual hanya dengan pasangan hidup anda (safe sex).
  • Menghindari seks bebas (free sex). Jangan melakukan hubungan badan dengan pekerja seksual (PSK) atau berganti-ganti pasangan.
  • Gunakan kondom secara benar dalam berhubungan seksual, kecuali untuk pasangan-pasangan yang menginginkan bayi. Kondom bisa menurunkan resiko infeksi tetapi tidak dapat mencegahnya secara total. Kondom yang terbuat dari selaput (membrane) binatang terlalu tipis untuk dapat melindungi.
  • Hindari penyalahgunaan obat terlarang, narkoba dan penggunaan jarum suntik bersama-sama.
  • Bila ingin akupunctur, tattoo, atau tindik telinga pastikan bahwa alat-alat yang dipakai telah disterilkan.
Akhirnya, menerapkan gaya hidup sehat dan setia pada pasangan suami atau istri anda mungkin adalah cara paling sederhana yang bermanfaat agar terhindar dari penyakit HIV/AIDS yang mematikan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Penyebab Tanda HIV AIDS

0 komentar:

Post a Comment