Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Penyebab Tanda Gejala Kanker Serviks

Tanda gejala kanker mulut rahim (serviks) memang perlu diketahui secara dini sehingga pada nantinya proses pengobatan penyakit kanker serviks pada wanita perempuan bisa segera diatasi dengan baik.

Penyakit kanker serviks adalah merupakan penyakit kanker pada wanita yang menduduki peringkat pertama yang menyebabkan kematian pada wanita yang mengidapnya.

Kanker mulut rahim ini menyerang organ reproduksi wanita khususnya adalah di daerah leher rahim atau pun pintu masuk daerah rahim perempuan.

Tidak sedikit kasus kanker serviks yang agak terlambat diketahui, kebanyakan ditemukan ketika penyakit yang satu ini telah sampai pada tahap yang sedang selain itu penyakit ini menunjukan gejala yang berbeda pada wanita satu dengan wanita lainnya.

Sehingga dalam hal ini wanita perlu waspada terhadap penyakit kanker serviks ini terutama pada ciri-ciri awal atau gejala awal kanker rahim serviks yang ditimbulkan pada penderitanya.

Penyebab Tanda Gejala Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks


Penyebab secara pasti yang menimbulkan kanker yang satu ini memang belum diketahui. Hanya saja sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh karena adanya dan timbulnya Human Papilloma Virus (HPV). Dan yang sering menimbulkan kematian adalah oleh karena virus HPV tipe 16 dan 18.

Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit dari yang mengidapnya kepada orang lainnya.

Kerapkali ciri tanda gejala penyakit kanker serviks tidak mempunyai gejala atau tanda yang jelas ketika menyerang, sehingga menjadikan penyakit kanker serviks berbahaya sehingga seringkali terlambat untuk dilakukan pengobatan lebih awal.

Bahkan tak sedikit yang menganggap gejala penyakit kanker serviks ini sebagai gejala menstruasi biasa.

Faktor resiko terjadinya kanker serviks antara lain :
  1. Seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini.
  2. Melakukan hubungan intim pada usia kurang dari 16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks.
  3. Pola hidup kurang sehat seperti halnya kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat.

Tanda Ciri Gejala Kanker Serviks


Berikut beberapa gejala ciri awal timbulnya kanker mulut rahim seperti yang diulas oleh Dr dr T Mirza Iskandar, SpOg (K) Onk seperti pemberitaan yang dimuat di tribunnews.com.

Keputihan

Dalam hal ini adalah keputihan abnormal berlebihan. Deteksi dini kanker serviks pada perempuan memang perlu dilakukan. Karena bila dalam stadium awal masih bisa diatasi dengan baik.

Sebisa mungkin untuk deteksi dini para perempuan harus tahu gejalanya antara lain keputihan. Nah untuk keputihan kadang-kadang oleh kaum perempuan dianggap biasa. Beberapa kasus tidak diobati, atau diobati sekadarnya.

Setelah Berhubungan Badan Keluar Darah

Contact Bleeding, setiap berhubungan intim pasti berdarah. Dua hal itu merupakan gejala awal di stadium awal. Tapi untuk yang tingkat lanjut (stadium 2 ke atas) yaitu nyeri perut bawah, hingga gangguan saat buang air kecil.

Pencegahan Kanker Serviks


Dalam melakukan tindakan pencegahan timbulnya kanker serviks mulut rahim ini seperti dikatakan oleh Dr Mirza yaitu pencegahan secara primer dan sekunder

Hal ini dilakukan dengan cara primer antara lain :
  • Menjaga kebersihan sistem reproduksi.
  • Vaksinasi mencegah kanker serviks. Dari perkumpulan dokter-dokter kanker kandungan, sudah merekomendasikan pemberian vaksin mulai anak usia 10 tahun hingga dewasa usia 55 tahun.
Pencegahan sekunder antara lain dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Tujuan Manfaat Pemeriksaan Pap Smear ini tidak sedikit dan dilakukan untuk pasangan yang sudah melakukan hubungan seksual.

Cara lainnya pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks adalah dengan metode Inspeksi Visual Asamasetat (Iva). Interpretasi hasil pemeriksaan harus dilakukan dokter umum, dan bidan yang terlatih. Iva itu dikerjakan dimana saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Penyebab Tanda Gejala Kanker Serviks

0 komentar:

Post a Comment