Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Akibat Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Akibat dampak efek pengaruh buruk negatif kurang tidur bagi kesehatan tubuh tidaklah sedikit jumlahnya. Dan kurang tidur insomnia begadang bisa meningkatkan resiko timbulnya gangguan kesehatan penyakit pada tubuh manusia.

Insomnia gangguan tidur adalah merupakan bagian dari gangguan dalam pola siklus tidur seseorang yang bila hal ini dibiarkan terlalu lama akan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan seseorang yang mengalaminya.

Karena dalam tidur adalah merupakan bagian dari salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia sebagai makhluk biopsikososial, dimana tidur dapat memulihkan tingkat aktifitas normal dan keseimbangan normal dari berbagai bagian sistem saraf pusat.

Akibat Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Dampak akibat insomnia terhadap kesehatan adalah salah satunya bisa berefek kepada pada sistem persarafan dan juga dampak efek untuk struktur tubuh lainnya. Termasuk dalam hal ini adalah Dampak Pengaruh Negatif Buruk Begadang Bagi Kesehatan.

Efek pada sistem saraf dapat mengacaukan fungsi tubuh maupun organ tubuh itu sendiri. Secara tidak langsung kekurangan tidur akan mempengaruhi sistem saraf pusat.

Bahaya Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Tubuh


Berikut adalah bahaya pengaruh akibat kurang tidur bagi kesehatan seperti yang dilansir dari website manfaat.co antara lain :
  1. Untuk kita yang setiap hari beraktifitas dengan berkendara memakai sepedah motor dan mobil, maka anda wajib memiliki jadwal istirahat yang cukup di malam hari. di karenakan jika jam istirahat tidur kita di malam hari kurang, maka kita akan kurang fokus saat menyetir kendara. Ini bisa membahayakan nyawa.
  2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir. Jika anda pelajar atau anda pekerja yang menggunakan pikiran untuk bekerja, maka terganggunya konsentrasi saat belajar atau bekerja bisa membuat anda stress.
  3. Berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Akhirnya tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit yang mematikan dan juga meningkatkan resiko terkena penyakit contohnya seperti Penyakit Jantung, stroke, darah tinggi sampai Diabetes. Ini adalah beberapa jenis macam penyakit yang timbul akibat kurang tidur
  4. Berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit dan mata. Hal ini mengakibatkan, kulit terlihat pucat dan kusam serta kerutan halus akan nampak pada kulit serta kantung mata yang membengkak.
  5. Sering merasa lupa untuk mengingat barang-barang yang kita letakkan sendiri.
  6. Akibat kurang tidur yang terakhir adalah obesitas atau kegemukan. Beberapa orang meyebutkan kurang tidur bisa mengurangi berat badan, jelas saja hal ini tidak benar. Karena saat kita terjaga di malam hari maka hasrat atau nafsu makan kita akan meningkat, sehingga membuat perut kita akan merasa lapar. Kebiasaan makan atau sekedar ngemil dimalam hari bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.
  7. Mempengaruhi tingkat emosional yaitu sering marah-marah tidak jelas, kelihatan murung dan sering mengalami stress disela aktifitas kita sehari-hari. Sehingga insomnia gangguan tidur juga bisa menyebabkan Stress Di Kantor dan sebagainya.
Akibat kurang tidur insomnia begadang lainnya antara lain
  • Daya tahan tubuh lemah.
  • Memicu serangan jantung koroner.
  • Meningkatkan resiko terserang penyakit kanker.
  • Resiko diabetes meningkat.
  • Resiko terserang penyakit stroke.
  • Meningkatkan tingkat stres.
  • Suhu tubuh rendah.
  • Lebih sulit berolahraga.
  • Gairah seks menurun.
  • Menyebabkan depresi.
  • Meningkatkan resiko kematian.
Para ahli kesehatan menambahkan, kurang tidur juga dapat merusak otak, kehilangan memori dan meningkatkan risiko Alzheimer. Mereka yang secara reguler tidak cukup waktu tidur dan tidak bisa mempertahankan tidur yang nyenyak, menurut penelitian, akan mengalami penyusutan volume otak di bagian yang mengatur memori dan penyelesaian masalah.

Penelitian menyatakan, kurang tidur selama tiga hari akan merusak 25-30% sel-sel otak dan itu tidak bisa kembali lagi.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak muda yang tidurnya dibatasi tidak boleh lebih dari tujuh jam perhari selama satu minggu, menunjukkan gangguan fungsi otak yang bertahan bahkan setelah beristirahat sepuasnya selama tiga malam.

Yang menakutkan adalah bahwa Anda tidak selalu tahu bahwa diri Anda mengalami kurang tidur kronis.

Ketika subjek penelitian dibatasi hanya boleh tidur selama empat sampai lima jam sehari, mereka mengaku sangat lelah tapi tidak merasa mengantuk, meskipun kinerja mereka meluncur secara signifikan.

Memang pada dasarnya, kurang tidur kronis dapat menumpulkan gangguan persepsi.

Terlebih lagi, sebuah studi yang melibatkan 15.000 orang menemukan bahwa tidur hanya lima jam setiap malam selama beberapa tahun mengakibatkan penurunan kinerja memori setara dengan penuaan otak selama dua tahun.

Kesimpulan penelitian ini sangatlah sederhana, kita harus berusaha cukup tidur setiap hari. Baca informasi berikut ini : Kualitas Kwantitas Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan.

Karena kurang tidur, walau hanya satu hari, dapat merusak sel-sel otak dan kerusakan itu tidak bisa diperbaiki lagi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Akibat Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

1 komentar:

  1. Menurut penelitian terbaru, orang yang susah tidur dan butuh 14 menit lebih agar bisa tidur, berisiko terkena tekanan darah tinggi dan masalah jantung. akibat kurang tidur ini merupakan penelitian pertama mengaitkan sulit tidur dengan tekanan darah tinggi. Profesor Xiangdong Tang dari West China Hospital di Universitas Sichuan mengatakan, ada korelasi kuat antara tingkat hyperarousal fisiologis (kesulitan tidur) dan keadaan hipertensi.

    ReplyDelete