Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Cara Tips Mengatasi Menghilangkan Stress

Mengetahui penyebab tanda gejala ciri stres dan depresi dan juga cara kiat tips atasi mengurangi menghilangkan stress perlu untuk diketahui oleh kita sebagai manusia.

Karena memang pada dasarnya setiap manusia tidak terlepas dari perasaan stres, gelisah, cemas bahkan sampai dalam tingkatan depresi baik itu semuanya dalam tingkatan yang rendah, sedang atau bahkan tingkat stressor depresi yang tinggi.

Cara Tips Mengatasi Menghilangkan Stress

Penyebab Tanda Gejala Ciri Stres


Dalam menjalani kehidupan, ada beberapa hal yang bisa merupakan faktor penyebab dan juga faktor predisposisi timbulnya stressor itu sendiri.

Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya. Ini adalah merupakan bagian dari proses terjadinya stres.

Ketika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Namun pada zaman sekarang, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang.

Sehingga, stres secara terus-menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya seseorang akan sulit berpikir jernih, hingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan pula. Dan ini adalah dampak akibat efek pengaruh stres pada kesehatan dan kehidupan manusia.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kejadian sehari-hari yang bisa dalam hal bentuk kesedihan maupun kehilangan. Hal ini juga bisa dikarenakan oleh perasaan kehilangan akan sesuatu, terutama sesuatu yang sangat disayang, disenangi, atau tumpuan harapan seseorang.
  2. Stres dan Kesehatan. Dalam hal ini hal yang paling banyak menimbulkan akan perasaan stres atau bahkan depresi adalah status sakit atau sedang menderita penyakit tertentu.
  3. Stres Dalam Keluarga. Hal ini bisa berupa oleh karena interaksi di antara para anggota keluarga, contohnya adalah
  4. perselisihan dalam masalah keuangan, perasaan saling acuh tak acuh, tujuan-tujuan yang saling berbeda antara anggota keluarga.
  5. Stres Karena Pekerjaan. Dalam hal apapun sebuah pekerjaan tentunya akan bisa menyebabkan stressor pada diri seseorang. Ini juga bisa menyangkut mengenai kehidupan rumah tangga, pekerjaan, sekolah, masa remaja dan sejenisnya.
  6. Status sosial ekonomi seseorang.
Penyebab stres karena pekerjaan dan juga kerja bisa dikarenakan oleh hal sebagai berikut : Lingkungan fisik yang terlalu menekan, kurangnya kontrol yang dirasakan, kurangnya hubungan interpersonal, serta juga bisa diakibatkan oleh karena kurangnya pengakuan terhadap kemajuan kerja.

Penyebab Tanda Gejala Ciri Stres

Tanda Ciri Gejala Stress antara lain bisa dikenali antara lain dengan hal-hal berikut ini :
  • Mengisolasi diri dari orang lain dan juga mengalami kesulitan menjalin hubungan.
  • Kegiatan dilakukan dengan tergesa-gesa dan seringkali menghindari kontak mata.
  • Kebersihan pribadi kurang dan juga tidak memperhatikan penampilan diri.
  • Manajemen waktu yang buruk.
  • Mudah marah dan cepat tersinggung serta juga timbul perasaan bersalah yang berlebihan.
  • Rendah diri dan kurang percaya diri serta juga pesimis.
  • Pikiran cemas dan perasan tertekan serta juga kekhawatiran berlebihan dan terus-menerus.
Sedangkan ciri-ciri orang sedang mengalami stres dan depresi bisa dikenali dengan hal-hal berikut ini dari keluhan :
  • Sakit kepala dan juga sakit dan nyeri otot.
  • Nyeri dada, denyut jantung cepat.
  • Masalah tidur (insomnia).
  • Diare / sembelit.
  • Kesemutan di tangan/kaki.
  • Gangguan pencernaan.

Cara Mengatasi Stres


Setelah mengetahui akan beberapa hal yang bisa menyebabkan dan menjadi sumber stress, maka berikut ini adalah beberapa cara dan kiat serta tips menghilangkan stress antara lain adalah sebagai berikut :

Melakukan Hobby Yang Menyenangkan

Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan.

Tujuannya manfaat melakukan kegiatan hobby yang menyenangkan adalah untuk mendapatkan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan sekalipun.

Banyak Ibadah Dan Berdoa

Untuk anda yang masih kesulitan untuk mengungkapkan stres yang sedang anda alami. Jangan lupa banyak-banyak beribadah, berdoa, dan berkumpul dengan orang-orang terdekat anda. Seperti keluarga dan sahabat.

Karena dengan menjaga silaturahim, fikiran anda akan terbuka. Tidak hanya anda yang memiliki rasa stres atau pengalaman yang buruk saat ditempat kerja, atau di dalam kehidupan.

Masih banyak orang lain yang mungkin lebih stres dari pada anda. Tapi ia mau bangkit dan berjuang lebih baik lagi

Keluarlah Sejenak , Hirup Udara Segar, dan Lihat Pemandangan

Saat anda dilanda stres maka langkah awal yang harus segera anda lakukan adalah dengan meninggalkan ruang, tempat, dan melepaskan kenatan anda sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula. Hal itu mampu menenangkan diri anda dari tekanan permasalahan yang mampu menggunjang kestabilan mental dan jiwa anda.

Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemandangan indah. Jika beban permasalahan masih mendera maka dipagi harinya anda bisa mencoba berjalan-jalan di pagi hari temukan tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan indah namun terdapat sinar matahari pagi.

Menurut penelitian ternyata saat tubuh terkena matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D yang amna kan berdampak pula meningkatkan produksi hormon Serotonin dimana hormon ini juga dikenal sebagai hormon "Bahagia", dengan demikian anda akan merasa lebih baik.

Cara Mengatasi Stres

Tenangkan Diri Dan Bayangkan Tempat Yang Indah Serta Nyaman

Jika dalam keadaan stres tetapi anda tidak mampu meninggalkan ruangan kerja untuk sekedar mencari udara segar maka anda bisa mencoba untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan imajinasi. Kita hanya perlu membayangkan tempat yang nyaman dan indah seperti pemandangan laut, pantai, langit biru, gunung, perbukitan, atau suasana yang anda sukai.

Cara mengatasi stres yang satu ini memang cukup sederhana namun memiliki dampak yang cukup baik bagi pikiran agar tidak terlalu tegang.

Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan cara yang dapat mengurangi stres sebab dengan melakukan hal ini, maka seseorang bisa menerima beban yang diberikan karena memiliki sudut pandang yang baik terhadap beban itu.

Sudut pandang yang dimaksud adalah pemikiran yang menyadari bahwa beban yang dialami merupakan ujian yang diberikan oleh Sang Pencipta dan dengan begitu, maka seseorang akan yakin bahwa dibalik kesulitan yang menimpa dirinya, tersimpan hikmah yang luar bisa jika berhasil melewati tantangan hidup itu.

Meditasi Atau Yoga

Meditasi maupun yoga sudah lama dikenal sebagai kegiatan yang sangat baik dalam mengontrol emosi dan pikiran. Banyak pakar yang mengakui dampak dari meditasi dan yoga sangat baik bagi kondisi jiwa seseorang.

Bahkan menurut hasil penelitian melakukan meditasi selama 15 menit sudah menyamai kebugaran tubuh saat melakukan olahraga selama 1 jam, apalagi bagi pikiran.

Apabila stres yang menerpa anda dirasa semakin berat maaka adabaiknya melakukan meditasi secara rutin. Demikian halnya dengan yoga, mengatasi stres dengan yoga cukup dilakukan 5 menit saja dengan teknik membuka diri dan melepaskan beban di pundak, dada, dan pikiran.

Aromaterapi

Aroma memiliki efek yang sangat mempengaruhi emosi manusia sebab indra penciuman merupakan indra yang berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat kendali emosional dalam otak manusia. Oleh karena itu, aromaterapi bisa menjadi salah satu terapi yang dapat merangsang emosi manusia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Cara Tips Mengatasi Menghilangkan Stress

0 komentar:

Post a Comment