Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Penyakit Yang Banyak Menyebabkan Kematian

Jenis macam daftar penyakit paling mematikan dan banyak menyebabkan kematian bagi penderita di dunia dan di Indonesia banyak macamnya. Penyakit itu sendiri merupakan keadaan abnormal yang menyerang fisik dan jiwa seseorang.

Seseorang yang dalam keadaan kondisi Sakit tentunya akan merasakan ketidaknyaman. Apalagi jika ada organ kita yang mengalami kerusakan justru akan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Kerusakan-kerusakan pada organ tersebut akan berdampak pada organ-organ lainnya.

Penyakit Yang Banyak Menyebabkan Kematian

Penyakit dapat menyerang siapa saja, bahkan tidak jarang berakhir dengan kematian. Penyebab seseorang dapat terserang penyakit bisa oleh berbagai faktor, di antaranya pola makan yang tidak sehat maupun kurangnya volume kebutuhan istirahat tidur. Penyakit kategori parah jika telah menyebabkan disfungsi organ-organ vital tubuh manusia.

Sehingga perlu sekiranya kita mengenal penyakit-penyakit yang di sinyalir memiliki potensi resiko mematikan yang tinggi. Dengan demikian kita akan lebih mawas diri untuk menghindari atau mencegah penyakit mematikan tersebut agar tidak merusak tubuh kita.

Berikut ini beberapa penyakit paling mematikan di dunia seperti informasi yang dilansir dari Okezone antara lain adalah sebagai berikut :

Jantung Koroner

Penyakit paling mematikan di dunia adalah penyakit jantung koroner, sudah tidak terhingga penderitanya yang meninggal mendadak karena penyakit ini. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit areteri coroner atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah sebutan penyakit jantung iskemik.

Penyakit jantung koroner tercatat paling mematikan di dunia. Penyakit ini lebih disebabkan oleh sejumlah faktor, yakni jarang berolahraga, kadar kolesterol tinggi, dan tensi darah yang tinggi pula akibat kerap mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh dan berminyak. Dan di Indonesia penyakit jantung koroner masuk dalam daftar penyakit pembunuh no satu.

Menurut data yang dilansir dari situs discovery menyebutkan bahwa satu dari 100 orang di dunia berpotensi terjangkit penyakit yang juga dikenal sebagai penyakit arteri coroner. Penyakit ini berawal dari tersumbatnya aliran darah dan oksigen menuju jantung yang berfungsi mengalirkan darah ke semua organ tubuh lainnya, termasuk otak.

Diabetes Melitus

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs gejaladiabetes.com, penyakit diabetes melitus merupakan penyakit di mana tubuh si penderita gagal mengendalikan kadar gula (glukosa) dalam darahnya. Tubuh akan mengalami gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh.

Penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau sehingga terjadi kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula kronis di dalam darah (hiperglikemia) inilah yang kemudian menjadi racun bagi tubuh. Kenali juga akan Penyebab Tanda Gejala Ciri Penyakit Diabetes Melitus.

Sebagian glukosa yang tertahan di dalam darah itu melimpah ke sistem urine untuk dibuang melalui urine. Air kencing penderita diabetes yang mengandung gula. Pada tahun 2012, tercatat penyakit yang menyerang fungsi darah ini telah menewaskan 1,5 juta orang.

Stroke

Penyakit paling mematikan berikutnya ialah serebrovaskular (stroke). Penyakit stroke lebih disebabkan oleh tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Penyakit ini juga kerap dipicu oleh kurangnya intensitas berolahraga dan tingginya tekanan darah.

Stroke menyerang kala fungsi otak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh aliran darah menuju otak tersumbat. Akibatnya, otak manusia tidak mendapat asupan oksigen dan darah yang akhirnya menyebabkan sel otak mati.

HIV/AIDS

Penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS ialah penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga daya immun seseorang menjadi anjlok drastis. Virus HIV cara kerjanya menyerang sel-sel tubuh manusia yang menyebabkan sel tersebut tidak lagi berfungsi. Jika sel T dan CD4 gagal berfungsi maka penyakit sekecil apapun mudah menyerang tubuh.

Penyakit HIV AIDS pada pada dasarnya adalah merupakan sebuah virus yang menyerang terutama pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Namun skala derajat virus ini menyerang kekebalan tubuh sangatlah drastis karena hampir semua sistem kekebalan tubuh manusia bisa hilang jika telah terjangkiti dan juga terkena virus ini. Kenali juga Penyebab Tanda Gejala Penularan Penyakit HIV AIDS

Kanker

Penyakit kanker merupakan kelainan siklus sel yang tumbuh dengan pesat secara tidak terkendali, sehingga menyerang dan merusak organ tubuh di sekitar pertumbuhannya tersebut.

Penyakit ini bahkan telah menyebabkan kematian dengan prosentase 25 persen dari kasus kematian di seluruh dunia.

Penyakit kanker adalah merupakan kelainan siklus sel yang tumbuh dengan pesat dan tidak terkendali. Jika pertumbuhan tersebut terus terjadi akan menyerang dan merusak organ tubuh di sekitar pertumbuhannya tersebut.

Kanker telah menyebabkan kematian sekitar 25% dari kasus kematian di seluruh dunia. Bahkan setiap tahunnya, ada sekitar 0,5% dari populasi penduduk bumi yang mengidap penyakit ini.

Leukimia

Leukimia atau penyakit kanker darah juga termasuk penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit leukimia disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel pembentukan darah di sumsum tulang belakang dan jaringan limfoid dan lazimnya terjadi pada sel darah putih. Banyaknya sel darah putih justru akan mengganggu fungsi sel darah lainnya.

Tumor Otak

Tumor otak adalah penyakit yang menyerang dan merusak sel-sel otak pada manusia. Tumor otak dapat menyerang segala usia yang lebih dominan diderita orang dewasa.

Penyakit tumor otak dapat dibagi dalam dua kelompok berdasarkan perkembangannya, yakni tumor jinak yang tidak bersifat kanker dan tumor ganas yang menyebabkan kanker.

Tumor yang dimulai dari otak dikenal dengan istilah tumor otak primer, sedangkan kanker yang dimulai di bagian lain dari tubuh dan menyebar hingga ke otak disebut dengan tumor otak sekunder (metastatik).

Penyebab utama tumor otak hingga ini masih belum diketahui. Namun, faktor keturunan tertentu dan juga efek samping prosedur radioterapi disebut para pakar dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tumor otak.

Nah itulah beberapa jenis macam penyakit paling mematikan di dunia yang perlu kita waspadai, mengapa mereka mematikan ? karena mereka cenderung menjadi penyebab kematian terbesar di dunia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Penyakit Yang Banyak Menyebabkan Kematian

0 komentar:

Post a Comment